Masalah sosial yang ada di masyarakat saat ini

ILMU SOSIAL DASAR
MASALAH SOSIAL DAN CARA MENANGGULANGI KEMISKINAN






Disusun Oleh        :
                     DELA AMALIA PUTRI  (11119631)
Kelas                     : 1KA15




FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
TAHUN AJARAN 2019/2020




Latar Belakang Masalah
                Kemiskinan merupakan suatu masalah bagi Negara-negara di seluruh dunia, kemiskinan merupakan penyakit sosial ekonomi bagi Negara berkembang dan Negara maju seperti Inggris dan Amerika. Di Inggris kemiskinan terjadi sekitar tahun 1700 pada masa kebangkitan revousi di Eropa. Amerika Serikat sendiri mengalami kemiskinan pada tahun 1930-an, saat itu ekonomi mereka mengalami depresi dan resesi ekonomi yang hebat namun setelah tiga puluh tahun kemudian mereka tercatat  menjadi Negara Adidaya dan terkaya di dunia.
Pada kesempatan ini penyusun mencoba memaparkan secara spesifik kemiskinan di Indonesia. Terdapat dua kondisi yang menyebabkan terjadinya kemiskinan, yaitu kemiskinan alami dan kemiskinan buatan. Kemiskinan alami terjadi akibat sumber daya alam yang terbatas, penggunanaan teknologi yang rendah dan bencana alam. Kemiskinan buatan terjadi karena imbas dari para birokrat kurang kompeten dalam penguasaan ekonomi dan berbagai fasilitas yang tersedia sehingga mengakibatkan susahnya untuk keluar dari masalah kemiskinan tersebut.

Pembahasan
Masalah sosial adalah perselisihan dalam masyarakat yang terdorong akibat dari interaksi sosial antar individu, interaksi sosial individu dan kelompok, atau antara suatu kelompok dan kelompok lainnya. Dalam keadaan normal masyarakat akan terintegrasi (bersatu) di dalam kehidupan yang sesuai pada hubungan unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, akan tetapi apabila unsur yang telah menjadi kaidah sosial ini bentrokan, maka dapat dipastikan bahwa hubungan-hubungan sosial akan terganggu sehingga memungkinkan terjadi kegoyahan dalam kehidupan kelompok.
Masalah Sosial di Indonesia
Berikut ini adalah contoh kasus mengenai macam-macam masalah sosial yang terjadi di Indonesia, serta berbagai solusi masalah (problem solving) yang diberikan.
1.      Kemiskinan
Kemiskinan adalah salah satu bentuk masalah sosial di Indonesia yang menjadi tradisi dari tahun ke tahaun. Keadaan miskin ini akan memberikan efek yang kurang bermanfaat, lantaran masyarakat miskin bukan hanya pada fisiknya yang terancam akan tetapi dalam menjadi beban bagi negara. Kemiskinan sendiri adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan.
Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2010 lalu masyarakat miskin di Indonesia mencapai 13,33 persen atau sebanyak 31,02 juta orang dari jumlah penduduk Indonesia. Di akhir tahun 2010, jumlah kemiskinan tersebut tentunya tidak jauh berbeda. Ini berarti kemiskinan masih merupakan masalah besar bangsa ini. Bayangkan dengan jumlah penduduk miskin sebesar itu, kita mencatatkan diri sebagai Negara yang orang miskinnya lebih banyak dari jumlah penduduk Negara tetangga Malaysia yang berpenduduk 26,79 juta orang di tahun yang sama.
Untuk bisa menjawab dari permasalahan kemiskinan, penting bagi kita untuk menelusuri secara detail indikator-indikator kemiskinan tersebut. Indikator-indikator kemiskinan menurut Badan Pusat Statistika adalah sebagai berikut :
-  Ketidakmampuan memenuhi kebutuhan konsumsi dasar (sandan, pangan dan papan).
-  Tidak adanya akses terhadap kebutuhan hidup dasar lainnya (kesehatan, pendidikan, sanitasi, air bersih dan transportasi).
- Tidak adanya jaminan masa depan (karena tidak ada investasi untuk pendidikan dan keluarga).
- Kerentanan terhadap goncangan yang bersifat individual maupun massa.
- Rendahnya kualitas sumber daya manusia dan terbatasnya sumber daya alam.
- Kurangnya apresiasi dalam kegiatan sosial masyarakat.
- Tidak adanya akses dalam lapangan kerja dan mata pencaharian yang berkesinambungan.
- Ketidakmampuan untuk berusaha karena cacat fisik maupun mental.
- Ketidakmampuan dan ketidak tergantungan sosial (anak-anak terlantar, wanita korban kekerasan rumah tangga, janda miskin, kelompok marginal dan terpencil).
Persoalan kemiskinan di Negara berkembang merupakan fenomen global. Karenanya diperlukan peran dari berbagai pihak, baik pemerintah, swasta ataupun pekerja sosial untuk menangani masalah kemiskinan. Terlebih dalam memberikan masukkan (input) dan melakukan perencanaan strategis (strategic planning) tentang suatu kebijakan pemerintah.
Perlu dibahas tentang macam-macam dan penyebab munculnya kemiskinan yang secara tidak langsung menjadi standar global. Pertama, kemiskinan kebudayaan; biasanya disebabkan adanya kesalahan pada subjeknya. Misalnya malas, tidak percaya diri, gengsi, tak memiliki jiwa wirausaha yang kompatibel, tidak mempunyai kemampuan dan keahlian, dan sebagainya. Kedua kemiskinan struktural; ini biasanya terjadi disebabkan faktor eksternal yang melatarbelakangi kemiskinan itu sendiri. Faktor eksternal itu disebabkan kinerja dari pemerintah di antaranya: pemerintah yang tidak adil, korupsi, paternalisitik, birokrasi yang berbelit, dan sebagainya.               
Masalah kemiskinan di Indonesia erat sekali hubungannya dengan rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM), hal ini dibuktikan oleh rendahnya mutu kehidupan masyarakat Indonesia yang meskipun kaya akan Sumber Daya Alam (SDA). Sebagaimana ditunjukan oleh rendahnya Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) Indonesia di tahun 2002 yang masih menempati peringkat lebih rendah dari Malaysia dan Thailand di antara Negara-negara ASEAN. Salah satu solusi yang bisa dilakukan dalam mengatasi masalah sosial kemiskinan ini ialah dengan menrdorong masyarakat untuk berwirausaha (menjadi pelaku usaha) di berbagai sektor yang potensial di Indonesia, seperti pada sektor periwisata, makanan, dan bentuk lainnya.
Tantangan lainnya adalah kesenjangan antara desa dan kota. Proporsi penduduk miskin di pedesaan relativ lebih tinggi dibanding perkotaan. Data Susenas (survei sosial ekonomi nasional) pada tahun 2004 menunjukan bahwa sekitar 69,0 persen penduduk Indonesia termasuk penduduk miskin yang sebagian besar bekerja di sector pertanian. Selain itu juga tantangan yang sangat memilukan adalah kemiskinan di alami oleh kaum perempuan yang ditunjukkan oleh rendahnya kualitas hidup dan peranan wanita, terjadinya tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta masih rendahnya angka pembangunan gender (Gender-related Development Indeks, GDI) dan angka Indeks pemberdayaan Gender (Gender Empowerment Measurement,GEM).
Tantangan selanjutnya adalah otonomi daerah. di mana hal ini mempunyai peran yang sangat signifikan untuk mengentaskan atau menjerumuskan masyarakat dari kemiskinan. Sebab ketika meningkatnya peran keikutsertaan pemerintah daerah dalam penanggulangan kemiskinan. maka tidak mustahil dalam jangka waktu yang relatif singkat kita akan bisa mengentaskan masyarakat dari kemiskinan pada skala nasional terutama dalam mendekatkan pelayanan dasar bagi masyarakat. Akan tetapi ketika pemerintah daerah kurang peka terhadap keadaan lingkungan sekitar, hal ini sangat berpotensi sekali untuk membawa masyarakat ke jurang kemiskinan, serta bisa menimbulkan bahaya laten dalam skala Nasional.
2.      Pengangguran
Masalah sosial yang pada saat ini terjadi di Indonesia dan dapat memberikan efek yang berarati adalah pengangguran. Faktor penyeba pengangguran ini adalah kekalahan SDM (Sumber Daya Manusia) Indonesia untuk berkompetisi dengan tenaga kerja dari negara lain.
Kaeadaan ini memicul negara dalam jumlah pendudukan yang tidak produktif. Salah satu cara mengatasi pengangguran dan solusinya di Indonesia ialah dengan memberikan pelatihan tenaa kerja, memberikan pelatihan bahasa, serta pelatihan ketrampilan yang membuatnya laku bekerja di sektor unggulan Indonesia.
3.      Korupsi
Masalah sosial yang seringkali menjadi masalah yang menahun, dari tahun ke tahun adalah korupsi yang menggunakan jabatan dengan memperkaya diri sendiri. Masalah ini begitu pelik di alami Indonesia, bahkan pada saat ini masyarakat Indonesia seringkali di hadapkan dengan para pejabat yang menggunakan kekayaan negara untuk keperluan pribadi.
Baru-baru ini pada tahun 2018 misalnya, kasus korupsi di Indonesia merajalela pada E-KTP yang memberikan efek kejerahan atas kepercayaan masyarakat dengan Ketua DPR (Setya Novanto). Oleh karenannya cara atau solusi dalam mengatasi korupsi ini bisa dilakukan dengan memberikan hukuman yang lebih berat dibandingkan dengan hukuman yang saat ini diterpakan.
4.      Pertikaian
Masalah sosial yang terjadi di Indonesia salah satunya dianataranya adalah pertikaian. Pengertian pertikaian ini adalah kekuarang kompakan masyarakat dalam mencapai tujuan sehingga berakibat pada perselihan antar masyarakat. Pertikaian bisa di latar belakangin dengan adanya perbedaan kepentingan serta kesenjangan sosial yang terlalu tinggi.
Cara atau solusi dalam mengatasi pertikaian bisa dilakukan dengan terus menerus mengejarkan pancasila sebagai Idiologi bangsa Indonesia yang sah, penanaman kuat terhadap Pancasila ini menjadi solusi atas banyaknya pertikaian yang terjadi. Selengkapnya, baca; Pengertian Pertikaian, Bentuk, dan Contohnya
5.      Kesenjangan Hukum
Masalah lainnya yang menjadi sumber masalah adanya tentang ketidakberjalanan hukum di Indonesia dengan pandangan hukum tajam ke bawah (masyarakat bawah) dibandingkan dengan ke atas (pada masyarakat kaya). Pandangan tentang perturan hukum yang tidak berjalan sebagimana mestinya ini menjadi salah satu sumber berlangsungnya masalah yang terjadi.
Satu-satunya cara atau solusi yang bisa dipergunakan dalam mangatasi masalah sosial ini ialah dengan menjalankan hukum yang sesuai dengan aturan yang telah disepakati, sebab kesesuaian ini akan berdampak pada kepercayaan masyarakat dalam memandang hukum. Selengkapnya, baca; Pengertian Sosiologi Hukum, Objek, Fungsi, dan Manfaatnya
6.      Pendidikan Yang Rendah
Pendidikan rendah menjadi salah satu masalah yang sering terjadi di Indonesia, masalah ini berhubungan erat dengan kamampuan masyarakat dalam kualitas yang diberikan. Dengan pendidikan rendah masyarakat tidak bisa bersaing dengan tenaga kerja di luar negari, bahkan bangsa ini identik sebagai pemasok PRT (Pembantu Rumah Tangga) ketika bekerja di luar negari.
Oleh karena itulah salah satu sektor dalam upaya mengetasi masalah sosial ini ialah dengan meningkatan pendidikan dan terus menerus menyebarkan pendidikan yang merata bagi daerah-daerah tertinggal di Indonesia, untuk saat in aplikasi nyata yang bisa dilakukan ialah dengan memberikan program relawan pendidikan.
7.      Tingginya Penyakit Menular
Masalah sosial yang timbul di Indonesia berhubungan erat dengan faktor biologi, yaitu tingginya penyakit menular yang ada di Indonesia. Penyakit ini pada umumnya melanda daerah-daerah tertinggal di Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia Timur. Solusi yang diberikan atas masalah sosial ini ialah dengan memberikan serta mengantispasi masyarakat melalui pengetahuan serta penyuluhan tenaga media yang baik.
8.      Gizi Buruk
Masalah sosial yang ada di Indonesia dan menjadi salah satu yang belum dalam di atasi adalah masalah sosial gizi buruk. Masalah ini berhubungan erat dengan sektor pendapaatan masyarakat dalam memnuhi kebutuhan hidupnya. Gizi buruk akan berdampak pada rusaknya SDM manusia Indonesia yang berkulitas, salah satu solusi yang diberikan ialah dengan meningkatkan pendapatan masyarakat.
9.      Konflik Sosial Antar Kelompok
Masalah lainnya yang ada dan seringkali di alami masyarakat adanya konflik sosial. Konfik ini sebagai contoh kelompok sosial di masyarakat yang tidak sepaham dengan keadaan dan tujuan yang sama, bentuk konflik ini misalnya saja adalah peperangan suku, budaya, atau lainnya.
Solusi yang diberikan dalam mengatasi masalah sosial ini misalnya saja dengan terus menerus mengutakan integrasi masyarakat dengan melibatkan masyarakat benar-benar sebagai pemilik negara yang sah, dengan cara inilah Indonesia bisa mengatasi konflik sosial yang terjadi.
10.  Kenakalan Remaja
Kenakalan remaja menjadi salah satu masalah sosial yang seringterjadi di Indonesia, masalah ini berakibat pada rusaknya mental remaja dalam menghadapi perkembangan perubahan sosial yang tinggi. Generasi mudah yang sudah rusak bahkan bisa menjadi ancaman yang berarti bagi Indonesia.
Cara mengatasi masalah sosial kenakalan remaja ini ialah dengan memberikan remaja peyuluhan serta bentuk kesibukan yang ada. Dorongan ini bisa dilakukan dengan mmberikan fasilitas untuk mendapatkan beasiswa di luar negri bagi remaja yang berpretasi. Baca juga; Contoh Kenakalan Remaja dan Solusinya
11.  Narkoba
Contoh lainnya yang berhubungan erat dengan masalah sosial di Indonesia adanya penyebarluaskan narkoba yang menjadi salah satu ditakuti bagi Indonesia. Narkoba sudah banyak dipasrakan di Indonesia, bahkan dari sejumlah kasus Pemerintah Indonesia melalui kepolisian pernah menangkan jumlah 4 Ton sabu pada tahun 2018. Cara mengetasi masalah sosial bentuk ini ialah dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya nerkoba sehingga dengan demikian masyarakata akan mengetahui dampak negatif dari nerkoba ini.
12.  Disorganisasi Keluarga
Bentuk masalah sosial yang ada di Indonesia selanjutnya adalah disorganisasi keluarga, hubungannya dengan hal ini ialah tingginya angka perceraian masyarakat yang menyebabkan keturuanan mereka menjadi keturan yang broken home dan sering mengelami gonjangan jiwa. Cara mengatasi bentuk masalah sosial seperti ini ialah memberikan penanaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga pernikahan. Selengkapnya, baca; Pengertian Disorganisasi Keluarga dan Contohnya
13.  Konflik Ras
Bentuk contoh masalah sosial lainnya yang seringakli terjadi anatar masyarakat Indonesia adalah konflik antar ras, karena tidak bisa menerima perbedaan yang ada dalam kehidupan masyarakat. Sebagaiimana Indonesia dikenal sebagai masyarakat multikultural. Pengertian masyarakat adalah kumpulan dua atau lebih orang untuk bersatu dalam kurun waktu tertentu.
14.  Kemacetan
Salah satu bentuk masalah sosial di Indonesiayang sudah biasa terjadi adalah kemacetan, hubungan kemacetan ini erat kaitannya dengan kondisi banyaknya mobilitas masyarakat dari arah yang sama, keadaan ini seringkali terjadi di kota-kota besar di Indonesia.
15.  Prilaku Konsumtif
Bentuk masalah sosial lainnya adalah prilaku masyarakat yang konsumtif, prilaku ini berkeiatan dengan keinginan masyarakat menggunakan barang/jasa secara berlebihan tanpa memikirakam bagimana cara membuatnya. Umumnya masyarakat Indonesia hobi dengan prilaku ini yang menyebab perekonomian Indonesia bergantung pada perekonomian negara lain.
16.  Kesehatan
Masalah sosial yang seringkali dialami oleh masyarakat tentang adanya kesehatan yang mahal. Kesehatan ini dikendari dengan keadaan masyarakat yang kurang mampu akan merasa kesulitan untuk mendapatkan haknya di dalam kesehatan. Ketidakberdayaan inilah membuat masayakat miskin sudah mendapatkan masalah kesehatan yang baik.
17.  Modernisasi
 Daripada masalah sosial yang sulit diatasi tentang transiasi masyarakat dari tradisional ke modern. Masyarakat Indonesia cederung menggunakan cara-cara ya terdisional sedangkan cara ini sudah mulai dtinggalkan oleh negara maju, kettradisionalan ini berdampak pada dorongan masyarakat untuk menjadi masyarakat yang modern. Selengkapnya, baca; Pengertian Modernisasi, Gejala, Ciri, dan Teorinya
18.  Globalisasi
Masalah sosial lainnya yang bisa dimbul dari globalisasi ini sendiri adalah aspek penggunakan teknoogi yang beroritentasi pada kegemaran bukan memanfaatkan sebagi ladang mencari pengehasilan. Masalah ini timbul karena masyarakat tidak bisa meminimalir dampak positif dan dampak negatif globalisasi yang terbentuk. Selengkapnya, baca; Pengertian Globalisasi, Teori, dan Prosesnya
19.  Pengolaan SDA (Sumber Daya Alam)
Indikator dari masalah sosial lainnya adalah tentang pengelolaan SDA di Indonesia, dinilai pengeolaannya masih mengandalakan bantuan SDM dari luar neegri, kemadirian ini menjadi tidak terbentuk dalam masyarakat. Terutama kesaksian terhadap berbagai jumlah SDA di Indonesia yang diambil begitusaja oleh masyarakat asing, seperti freport, dan lains sebaginya.
20.  Kejahatan Seksual
Masalah lainnya yang ada di Indonesia adalah kasus terhadap kejahan seksual, kejahatan ini berkiatan erat dengan sodomi, pemerkosaan, atau kasus lainnya yang seringkali bahkan menimpa anak-anak. Kondisi ini tentsuaja menjadi hal yang sangat di takutkan, lantaran akan berkibat pada bentuk oritentasi seks yang menympang.
21.  Kekurangmerataan Pembangunan
Terakhir, yang menjadi salah satu masalah sosial di Indonesia seringkali terjadi adalah ketidakmerataan masyarakat dalam pembangunan. Daerah-daerah terpencil di Indonesia bahkan sulit mengimbangi pembangunan pad daerah yang maju, kondisi ini tentsuaja berakibat pada kehidupan masyarakat untuk melakukan trasmigrasi, urbanisasi, dan mobilitas penduduk lainnya. Salah satu solusi yang bisa diberikan adalah dengan terus menerus melakukan pemertaan pembangunan. Pemerataan ini bisa menjadi simbul keadailan sosial bagi seluruh rakya Indonesia.

Kesimpulan dan Saran
Berdasarkan masalah yang telah dibahas di atas, untuk keluar dari masalah kemiskinan tersebut kita seharusnya paham tentang apa yang dimaksud kemiskinan dan faktor-faktor penting penyebab masalah kemiskinan tersebut. Dan pengentasan kemiskinan tidak bisa kita serahkan kepada pemerintah saja, tetapi juga harus dibantu oleh sektor lain dan harus dimulai dari diri kita sendiri. Pemerintah pun harus mempunyai program pengentasan kemiskinan yang lebih baik dari yang sudah ada dan diharapkan pemerintah baik di kota atau daerah bisa menjalankan dengan sejujur mungkin tanpa adanya korupsi yang saat ini merajalela. Bila itu bisa terlaksana dengan baik maka dipastikan keadaan ekonomi di Indonesia bisa lebih baik dari sekarang dan penyakit sosial ekonomi ini dipastikan akan berkurang.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Operasi

KASUS DAN SOLUSI PRASANGKA DISKRIMINASI DAN ETNOSENTRISME

MIGRASI: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Faktor Penyebab