Tugas Proposal Bisnis - Manajemen Layanan Sistem Informasi
PROPOSAL
BISNIS
“Zurieq
Apparel”
DISUSUN
OLEH
DELA
AMALIA PUTRI
11119631
Tahun
Ajaran ATA 2020/2021
UNIVERSITAS
GUNADARMA
KATA
PENGANTAR
Segala
puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam saya
sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian
banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang
memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga
oleh karenanya saya dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun
maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu
tugas yang diberikan oleh dosen pada mata kuliah Manajemen Layanan Sistem
Informasi.
Dalam
proses penyusunan tugas ini saya mengalami hambatan, namun berkat dukungan
materil dari berbagai pihak, akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas ini dengan
cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini saya menyampaikan
terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang
telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala
sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar
datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski
begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala
saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat saya harapkan demi
perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan saya semoga tugas ini bermanfaat
khususnya bagi saya dan bagi pembaca lain pada umumnya.
Bogor, 28 Maret
2021
Dela Amalia Putri
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR......................................................................... ii
DAFTAR
ISI....................................................................................... iii
BAB
1 PENDAHULUAN.................................................................... 1
1.1
LATAR BELAKANG.................................................................... 1
1.2
ALASAN PEMILIHAN USAHA.................................................. 2
1.3
NAMA KEGIATAN USAHA....................................................... 2
1.4
MANFAAT DAN TUJUAN PROPOSAL..................................... 2
BAB
2 KEGIATAN USAHA.............................................................. 3
2.1
STRATEGI PASAR....................................................................... 3
2.2
ANALISA SWOT.......................................................................... 5
2.3
STRATEGI PEMASARAN........................................................... 6
BAB
3 RENCANA KEUANGAN....................................................... 8
3.1
PERMODALAN............................................................................ 8
3.2
PERKIRAAN PENDAPATAN...................................................... 8
3.3
PERKIRAAN PENGELUARAN................................................... 8
3.4
PERKIRAAN KEUNTUNGAN.................................................... 8
3.5
PERKIRAAN PENGEMBALIAN MODAL................................. 8
BAB
4 PENUTUP.............................................................................. 10
4.1
RESIKO........................................................................................ 10
4.2
CARA MENAGGULANGI RESIKO.......................................... 10
4.3
RENCANA PENGEMBANGAN USAHA................................. 11
4.4
KESIMPULAN............................................................................ 11
BAB
I PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Zaman
globalisasi dewasa ini menjadi semakin maju tetapi sayangnya tidak diikuti oleh
perekonomian negara kita yang masih jauh tertinggal. Sudah banyak perkembangan
zaman yang bisa kita lihat disekitar kita saat ini. Salah satunya ialah
penggunaan smartphone yang makin diminati dan semakin meningkat setiap tahunya.
Mulai dari berbagai macam merk, jenis, dan harga yang berbeda pun telah siap
dipasarkan dan ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pencinta alat
komunikasi yang satu ini. Adanya fitur - fitur social media yang mudah diakses
dan ditawarkan dalam sistem komunikasi smartphone ini tentunya semakin
mempermudah kita dalam berkomunikasi dan tetap terhubung dengan teman, sahabat,
bahkan kerabat yang jarang kita jumpai dalam keseharian karena padatnya
rutinitas yang kita jalani sehari - hari. Dengan tersedianya fasilitas -
fasilitas social media yang semakin memudahkan kita tidak hanya dalam
berkomunikasi tetapi juga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari - hari.
Hal ini jelas menarik keinginan para produsen atau afiliate (perorangan yang
menjualkan produk orang lain) untuk mencari celah atau peluang usaha dengan
mengambil keuntungan yang didapat dari banyak pengguna smartphone saat
ini. Dengan hanya bermodalkan smartphone yang kita gunakan dalam
keseharian ditunjang pula dengan fasilitas internet yang semakin luas, kita
dapat mencoba suatu bentuk usaha yang dapat ditawarkan kepada konsumen. Tujuan
dari pembuatan usaha online shop ini ialah lebih kepada meningkatkan
kesejahteran atau perekonomian perorangan yang bersifat pribadi. Saya dari
jurusan Sistem Informasi ingin mencoba mengaplikasikan apa yang telah saya
pelajari selama ini dengan menggabungkan kemampuan saya dan melihat peluang
yang ada untuk membuka usaha yang dapat membantu dan meningkatkan perekonomian
atau kesejahteran pribadi kami masing - masing terlebih dahulu.
a. Visi
• Menjadi online shop
masa kini yang mengutamakan kepuasan pelanggan.
b. Misi
• Menyediakan barang yang
modern dan berkualitas tinggi.
• Menjual barang dengan
harga ekonomis.
• Menjamin barang sampai
kepada pembeli.
• Menjalin kerja sama
dengan berbagai supplier barang.
• Memasarkan barang
dengan menarik agar meningkatkan minat pembeli.
• Bersaing secara sehat
dengan para pedagang sejenis.
1.2.
Alasan Pemilihan Usaha
Pada
saat ini banyak orang yang ingin mendapatkan barang yang mereka butuhkan dengan
mudah dan cepat. Seiring berkembangnya teknologi saat ini kita dimudahkan
dengan cara berbelanja online lewat smartphone yang kita miliki dan jaringan
internet kita dapat membeli barang kebutuhan tersebut dengan memesan barang,
kemudian membayar lewat transfer rekening antar bank kemudian selang beberapa
hari barang tersebut akan sampai di rumah kita. Kemudahan dan kenyamanan
berbelanja online itulah yang membuat saya melihat peluang usaha di masyarakat
khususnya di kalangan para remaja dewasa yang gemar berbelanja online karena
kesibukan yang mereka jalani sehingga tidak sempat untuk berbelanja langsung ke
pasar atau pusat perbelanjaan. Hal ini membuat saya tertarik untuk berwirausaha
dengan menjual berbagai macam produk kebutuhan pria seperti Baju, Waistbag,
Topi, dsb.
1.3.
Nama Kegiatan Usaha
Usaha yang dikembangkan
diberi nama “Zurieq Apparel”.
1.4.
Manfaat dan Tujuan Proposal
a. Manfaat Proposal
• Proposal ini dibuat
untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen&Layanan SI.
• Sebagai penilaian atas
pemahaman dan praktiknya dari tugas mata kuliah ini.
• Menjadikan mahasiswa
lebih kreatif dan inovatif dalam berwirausaha.
• Melatih mahasiswa agar
dapat berwirausaha dengan baik.
• Menambah pengalamandan
pengetahuan tentang berwirausaha.
• Berguna untuk melakukan
kerjasama dengan pendiri usaha lain.
• Dapat membuka lapangan
kerja baru.
b. Tujuan Proposal
Proposal ini saya buat
agar dapat bermanfaat untuk belajar mandiri sebagai bentuk mengisi waktu luang
saat kuliah, serta dapat juga bermanfaat untuk :
• Membantu wirausaha
untuk berpikir kritis dan objektif atas usaha yang akan dijalankan
• Sebagai alat komunikasi
dalam menjelaskan dan meyakinkan gagasan kepada pihak lain
BAB
II KEGATAN USAHA
2.1. Strategi Pasar
A. SEGMENTING
- Segmentasi Pasar
Berdasarkan Geografi
Pada segmentasi ini,
pasar dibagi ke dalam beberapa bagian geografi seperti negara, wilayah, kota,
dan desa. Daerah geografi yang dipandang potensial dan menguntungkan akan
menjadi target operasi perusahaan. Daerah yang saya pilih untuk pemasaran
produk saya adalah sekitar tempat tinggal rumah saya di Bogor dan sekitar
lingkungan kampus saya di Depok.
- Segmentasi Pasar
Berdasarkan Demografi
Pada segmentasi ini pasar
dibagi menjadi kelompok-kelompok dengan dasar pembagian usia, jenis kelamin,
tingkat ekonomi, dan tingkat pendidikan. Sasaran utama saya adalah Laki-laki
remaja hingga dewasa.
- Segmentasi Pasar
Berdasarkan Psikografi
Segmentasi psikografi
menelaah bagaimana konsumen dengan segmen demografi tertentu merespon suatu
stimuli pemasaran. Saya menargetkan penjualan produk untuk kalangan menengah
kebawah karena kalangan ini lebih mudah dijangkau mengingat usaha yang saya
jalani masih dengan sistem limit stock yang bisa menyesuaikan dengan minat
pembeli.
B.
TARGETING
Targeting adalah proses
mengevaluasi setiap daya tarik segmen kemudian memilih satu atau lebih
karakteristik untuk dilayani. Targeting adalah persoalan bagaimana memilih,
menyeleksi, dan menjangkau pasar. Dalam masalah ini awalnya saya akan
memasarkan produk kepada orang terdekat saya seperti teman, keluarga, dan rekan
saya sehingga produk yang saya jual akan merambah ke wilayah yang lebih luas
lagi dan bisa mengembangkan produk yang dijual mengikuti kebutuhan permintaan
pembeli. Setelah menarik minat pembeli maka toko online shop saya akan menjadi
tempat belanja rutin mereka karena sudah dipercaya kualitas dan harganya yang
terjangkau.
C.
POSITIONING
Apabila target pasar
sudah jelas, positioning adalah bagaimana kita menjelaskan posisi produk kepada
konsumen. Apa beda produk kita dibandingkan kompetitor dan apa saja
keunggulannya. Dari produk yang tersedia di toko online saya lebih mengutamakan
kepuasan pelanggan dengan menjual produk berkualitas tinggi dan dapat dipercaya
keorisinilannya sehingga pada akhirnya konsumen akan beralih membeli dari toko
saya.
2.2 ANALISA SWOT
Adapun analisis SWOT
dalam bisnis ini adalah sebagai berikut :
• Faktor Internal
a. Strengths (Kekuatan)
- Harga terjangkau untuk
kalangan menengah ke bawah khususnya untuk remaja hingga dewasa.
- Memiliki kualitas
barang yang unggul.
- Menyediakan berbagai gambar
baju unik dan masa kini.
- Modal yang dibutuhkan
tidak terlalu banyak.
- Tidak membutuhkan waktu
khusus dalam mengerjakannya.
- Mengutamakan kejujuran
meskipun persaingan sangat sengit.
b.
Weakness (Kelemahan)
- Hanya menjual barang
kebutuhan pria.
- Pembeli lebih memilih
membeli barang secara langsung.
- Belum banyak banyak
supplier yang memasok kebutuhan permintaan.
- Tidak memiliki toko
untuk berjualan.
• Faktor Eksternal
a. Opportunities (Peluang)
- Memudahkan pembeli yang
sedang mencari barang kebutuhannya
- Melihat daya beli
masyarakat Indonesia yang konsumtif tetapi tetap cermat dalam membeli
- Dapat memanfaatkan
teknologi dari smartphone dan memasarkan produk lewat media sosial
b. Threats (Ancaman)
- Pelayanan yang kurang
cepat karena bentrok dengan waktu kuliah
- Pembeli belum terbiasa
berbelanja online sehingga tidak percaya dengan kualitas barang yang dijual
- Banyak pembeli lebih
memilih toko lain karena harga barang yang dijual lebih murah
- Pesaing banyak
menggunakan strategi pemasaran yang lebih menarik minat pembeli
- Apabila cuaca sedang
tidak mendukung sehingga terjadi keterlambatan pengiriman barang sampai ke
pembeli.
- Terjadi kekosongan
barang yang diminta dari supplier sehingga pembeli beralih ke toko lain
2.3 STRATEGI PEMASARAN
A. Product
Produk yang disediakan
antara lain sebagai berikut :
1. Penjualan Baju
2. Penjualan Waistbag
3. Penjualan Topi
4. Penjualan Jaket
5. Dan lain sebagainya,
sesuai dengan kebutuhan pasar dan kegiatan konsumen.
B. Price
Strategi penetapan harga
yang digunakan dengan berbagai faktor penentu, seperti nilai tambah,
positioning, kompetitor, daya beli, dll. dengan mempertimbangkan beberapa
faktor, terutama kenaikan bbm, dan harga jual dari supplier. Harga yang
ditetapkan diusahakan berada jauh di bawah harga pasar atau kompetitif sehingga
dapat menarik minat pembeli. Harga yang kami tawarkan berkisar antara:
• Baju
:
Rp 65.000,00 – Rp 90.000,00
• Tas : Rp 85.000,00 – Rp 150.000,00
• Topi
: Rp 60.000,00 – Rp 80.000,00
• Jaket : Rp 115.000,00 – Rp 270.000,00
C. Promotion
Karena bisnis ini
dijalankan oleh saya yang masih berstatus mahasiswa, maka cara mempromosikannya
adalah dengan teman disekitar saya contohnya teman kampus, teman sekolah dulu
dan orang sekitar lingkungan saya. Lalu saya juga mempromosikan melalui
media elektronik berupa Shopee, Tokopedia, Lazada, Whatsapp, facebook,
instagram dan social media lainnya. Dan dengan mengadakan event – event menarik
pada waktu tertentu seperti bila konsumen membeli barang dalam jumlah banyak
saya akan memberikan diskon 10% atau saya akan memberikan free ongkir untuk
wilayah Jabodetabek.
D.
Place
Lokasi atau tempat yang
kita masuki juga menentukan keberhasilan menggarap target pasar. Namun karena
usaha yang saja jalankan ini merupakan online shop jadi saya tidak memerlukan
tempat berjualan tetap seperti toko, ruko atau outlet yang menjadi tempat
berjualan. Karena usaha ini fleksibel dapat dilakukan dimana saja dan kapan
saja.
BAB
III RENCANA KEUANGAN
3.1 PERMODALAN
Untuk modal awal saya
mengambil dari uang tabungan saya sebesar Rp 150.000.000,00
3. 2 PERKIRAAN PENDAPATAN
No
Perkiraan
Harian Bulan
Tahun
1
Pendapatan I Rp 200.000
Rp 800.000 Rp 38.400.000
2
Pendapatan II Rp 400.000 Rp
1.600.000 Rp 76.800.000
3
Pendapatan III Rp 600.000 Rp
2.400.000 Rp 115.200.000
3.3 PERKIRAAN PENGELUARAN
No Perkiraan
Harian
Bulan Tahun
1
Pengeluaran I Rp 50.000 Rp
200.000 Rp 9.600.000
2
Pengeluaran II Rp 100.000 Rp
400.000 Rp 19.200.000
3
Pengeluaran III Rp 150.000 Rp
600.000 Rp 28.800.000
3. 4 PERKIRAAN KEUNTUNGAN
No
Perkiraan Harian
Bulan
Tahun
1
Keuntungan I Rp 50.000 Rp
400.000 Rp 9.600.000
2
Keuntungan II Rp 100.000 Rp 400.000
Rp 19.200.000
3
Keuntungan III Rp 150.000 Rp
600.000 Rp 28.800.000
3. 5 PERKIRAAN
PENGEMBALIAN MODAL
Keuntungan
30% ditabung untuk
cadangan dana
40% untuk operasional
30% pengembalian modal
Pengembalian Modal
= Modal = …………… bulan
30% x
keuntungan per bulan
b. Keuntungan 1 :
- Cadangan Modal : 30% x 400.000 = 120.000
- Operasional : 40% x 400.000 =
160.000
- Pengembalian Modal : 30% x 400.000 = 120.000
c. Pengembalian Modal:
Modal = 30 % Keuntungan Perbulan
=
200.000 : 120.000
=
1,6 bulan
Jadi, modal usaha kami
akan kembali setelah 1,6 bulan berjualan.
BAB
4 PENUTUP
4. 1 RESIKO
A. Dari
segi pemasaran :
- Banyak produk serupa
yang dijual lebih murah sehingga mengurangi minat pembeli untuk membeli di toko
saya.
- Dapat terkena penipuan
dari supplier
- Pembeli kurang puas
dengan pelayanan dari penjual
B. Dari
segi produk :
- Terjadi kerusakan
barang setelah sampai ke penerima, sehingga harus melakukan return barang ke
supplier
- Supplier tidak
mengirimkan barang yang dipesan sesuai dengan pesanan dan tidak menggantikan
barang tersebut
4. 2 CARA MENAGGULANGI
RESIKO
a. Kita harus
mempersiapkan strategi apa yang mungkin akan kita jalankan ketika kita akan
atau sedang memulai membangun bisnis, agar nantinya bisnis kita bisa berjalan
di jalur yang benar sehingga dapat meminimalisir kerugian yang mungkin bisa di
timbulkan
b. Membangun bisnis
bangunlah secara bertahap, sambil kita mempelajari tentang bisnis yang mungkin
bisa menjadi masa depan untuk kita, pelajari manfaatnya, kerugian yang mungkin
dapat di timbulkan bagi masyarakat sekitar dan kerugian lain yang mungkin sudah
tertera pada hukum dan adat istiadat yang berlaku
c. Memanfaatkan sosial
media lain untuk mengatasi masalah - masalah di dalam toko saya untuk mencegah
keterpurukan reputasi toko online shop saya
d. Jika sistem jual beli
di lakukan dengan ketentuan yang lebih aman, misalnya untuk penjualan dengan
kredit sebaiknya di amankan dengan jaminan yang harus di berikan pelanggan
e. Menjaga selalu
kualitas produk dan pelayanan prima, jangan mudah tergiur dengan sesuatu yang
terkesan instan dan meragukan. Tetap loyal terhadap produk dan mutu yang saya
berikan kepada pelanggan
4.3 RENCANA PENGEMBANGAN
USAHA
Saya akan berusaha
menjual produk yang lebih bervariasi dan tidak hanya produk kebutuhan untuk laki-laki
saja. Saya juga akan berusaha untuk menyempurnakan pelayanan kepada pembeli
yang sudah menjadi langganan di toko online saya sehingga pembeli merasa nyaman
berbelanja online dan tidak beralih ke kompetitor.
Setelah keuntungan yang
dirasa cukup untuk menyewa toko, maka saya akan menjual produk di toko tersebut
agar pembeli yang ingin membeli langsung dapat datang dan langsung memilih
barang yang diinginkan tanpa menunggu barang tersebut dikirim ke rumah.
Upaya pengembangan usaha harus
menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang
diperlukan. Semakin banyaknya penciptaan lahan usaha maka akan mengurangi
pengangguran di dalam negeri.
4. 4 KESIMPULAN
Belanja online (online
shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime,
tanpa pelayan, dan melalui internet.
Tak perlu harus bertemu
penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara
fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor laptop atau smartphone, dengan
koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara
cepat dan nyaman.
Tetapi, barang yang hanya
di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya, serta diraba nya
secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat gambar, dan
mengira-ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak sesuai dengan
ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka takut merasa
kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah melakukan
transfer sejumlah uang tertentu. Karena transaksi sebagian besar online shop,
dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada
toko online, baru barang di kirim.
Komentar
Posting Komentar